Home » » Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut - Lidah Buaya adalah tanaman obat yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak dulu sebagai obat perawatan rambut namun seiring perkembangan jaman, manfaat tanaman ini semakin banyak ditemukan. Tidak hanya untuk penyubur rambut saja, Lidah Buaya ternyata memiliki banyak manfaat lain baik untuk kesehatan maupun perawatan rambut serta kulit.

Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

Tanaman Lidah Buaya yang memiliki nama latin Aloe vera atau Aloe barbadensis Milleer  merupakan sejenis tanaman obat yang dikenal dapat digunakan sebagai obat alami untuk bagian luar tubuh atau untuk bagian dalam tubuh, seperti pupuk rambut, penyembuhan luka dan perawatan kulit.

Manfaat lidah buaya lainnya sering digunakan sebagai bahan alternatif untuk berbagai keluhan tubuh di dalam atau di luar. Bahkan orang Mesir menyebut Aloe vera  sebagai tanaman keabadian.

Manfaat Aloe Vera Bagi Kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh manusia  bisa digunakan untuk berbagai keluhan, baik di luar maupun di dalam tubuh manusia. Mengingat bahwa manfaat kesehatannya sangat luar biasa, orang semakin beralih ke pengobatan alami dan alternative sehingga mulai menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami.

Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan manusia.

1. Alcanisasi tubuh

Alkali adalah proses menjaga keasaman tubuh manusia, makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya, konsumsi makanan yang mengandung asam ini adalah 20% untuk makanan yang memiliki kadar asam dan 80% untuk makanan umum yang tidak memiliki kadar asam.

Jus lidah buaya adalah salah satu makanan alkali. Dengan minum jus lidah buaya akan dapat membantu proses alkalize tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang ada di dalam tubuh kita.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Sama seperti manfaat buah mahoni, jus lidah buaya juga mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang terkandung dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping metabolisme dan berkontribusi pada proses penuaan dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Ketika kita secara teratur minum jus lidah buaya, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita agar lebih tahan terhadap penyakit.

3. Keluarkan Toksin / Detoksifikasi

Jus lidah buaya bisa menjadi pilihan alami untuk mendetoksifikasi atau menghilangkan racun dalam tubuh manusia. Menambah gaya hidup tidak sehat seperti merokok, junk food, stres dan polusi mengharuskan kita untuk "membersihkan" berbagai racun yang terkandung dalam tubuh.

Minum jus Lidah Buaya merupakan cara tepat untuk melakukan detoksifikasi tubuh karena tanaman ini mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang bisa membantu tubuh mengatasi stres dan meminimalkan racun dalam tubuh.

4. Kurangi berat badan

Minum jus lidah buaya akan membantu tubuh membersihkan sistem pencernaan secara alami. Diet yang tidak sehat bisa menyebabkan anomali pada sistem pencernaan tapi akan dinetralkan oleh jus lidah buaya ini. Pencernaan yang sempurna akan membantu Anda menjaga keseimbangan makanan dalam tubuh dan memperlancar proses buang air besar sehingga dapat mengurangi berat badan.

5. Kesehatan Kardiovaskular

Kesehatan kardiovaskular tidak lepas dari masalah jantung dan sirkulasi darah di tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Lidah Buaya mengandung nutrisi yang bisa mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah memperlancar sirkulasi darah, mengurangi kolesterol dan mengencerkan darah. Sehingga ketika dokter menyuntikkan cairan lidah buaya ke dalam darah, ini sangat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk menyebar dan transportasi oksigen.

6. Sumber Asam Amino

Tubuh kita membutuhkan 20 asam amino yang berbeda untuk membuat protein dan tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan 8 dari asam amino ini secara independen. Tanaman obat Lidah Buaya memiliki 7 asam amino esensial dan 19 asam amino total,  sehingga tanaman ini dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan asam amino harian kita.

7. Melawan Peradangan

Jus lidah buaya mengandung 12 zat berbeda yang bisa mengurangi dan mencegah peradangan dan semua zat tanpa risiko atau efek samping. Lidah buaya bahkan bisa membantu dengan masalah pembengkakan, kekakuan atau nyeri sendi.

8. Membantu Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang diberikan oleh makanan yang kita konsumsi. Disamping memiliki manfaat detoksifikasi alami, jus lidah buaya juga dapat meningkatkan penyerapan protein dan memperbaiki fungsi usus.

Lidah buaya juga bisa mengurangi jumlah ragi dan bakteri yang ditemukan di usus kita. Bisa juga mengurangi masalah pencernaan seperti mulas. Selain lidah buaya, manfaat vegetasi merupakan solusi untuk mengobati sistem pencernaan.

9. Sumber Vitamin dan Mineral

Setiap hari tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral. Jus lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut adalah daftarnya:
  • Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin E.
  • Niacin, asam folat, kromium, magnesium, mangan, seng, tembaga, potassium, zat besi, sodium, kalsium dan lain-lain.

10. Membantu penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Manfaat lidah buaya antara lain dapat membantu penderita diabetes. Jus lidah buaya dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Ada penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan peningkatan kadar glukosa saat pasien diabetes minum jus lidah buaya.

Karena Lidah Buaya memiliki kandungan 3 senyawa ini:
  • Lectin
  • Mannans
  • Antrakuinon
Baca Juga :

Manfaat Aloe Vera Untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Manfaat lidah buaya yang paling populer di Indonesia adalah membantu kesehatan rambut dan kulit yang sering kita temukan dalam manfaat vitamin E.

Ternyata Lidah Buaya Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Perawatan Rambut Serta Kulit

1. Meniingkatkan pertumbuhan rambut

Menurut penelitian yang dilakukan oleh periset di Universitas Hawaii, penggunaan lidah buaya untuk rambut rontok telah digunakan sejak zaman Mesir kuno. Lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi sehat. Enzim proteolitik yang terkandung dalam lidah buaya mampu membasmi sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menghalangi folikel rambut dan menyebabkan kesulitan dalam mengembangkan dan mendapatkan nutrisi.

Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan / menghancurkan sebum dan sel-sel mati yang ditemukan di kulit kepala dan memungkinkan penambahan pertumbuhan rambut. Sifat alkali aloe vera dapat membantu memperbaiki pH kulit kepala dan rambut, sehingga proses pertumbuhan rambut bisa maksimal. Selain itu, ini juga bisa membantu rambut untuk menjaga air dan kelembaban.

2. Anti Pruritus

Anti-pruritus adalah suatu sifat yang dapat meringankan rasa gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi pada kulit kepala. Penyakit pruritus bisa terjadi pada kulit, termasuk kulit kepala, tentunya. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan produksi sel kutaneous yang berlebihan. Sifat enzimatik aloe vera dapat menghancurkan sel kulit mati yang berlebihan.

Ramuan ini juga bisa mengurangi kemerahan, penskalaan, gatal dan pembengkakan kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga bagi rambut. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien dengan psoriasis yang diobati dengan lidah buaya menunjukkan peningkatan yang signifikan.

3. Anti Pengapian

Lidah buaya adalah salah satu ramuan yang bisa menjaga kulit kepala dari peradangan atau pembengkakan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kepala sensitif dan mudah tersinggung. Ada berbagai zat yang bisa melakukan ini seperti bradikinase dan analgesik anti-inflamasi, serta asam salisilat, yaitu senyawa aspirin, analgesik dan anti bakteri.

4. Mengurangi Ketombe

Manfaat lidah buaya juga telah lama digunakan oleh penduduk Indonesia untuk pengobatan ketombe. Ketombe bisa disebabkan oleh hal-hal tertentu seperti kulit mati yang telah kita ketahui tentang titik kedua. Namun, ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti adanya Malassezia dan jamur lemak yang bisa hidup di kulit kepala. Lidah buaya selain mengeluarkan sel kulit mati, juga memiliki khasiat anti jamur. Ini karena jamur tumbuh di lingkungan yang asam, dan sifat alkali Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak tumbuh dengan baik.

5. Conditioning

Gel lidah buaya dapat digunakan untuk kondisioner, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel hadir dalam lidah buaya memiliki komposisi kimia yang serupa dengan keratin, protein yang terjadi secara alami pada sel rambut.

6. Mencegah Rambut Rontok

Penggunaan lidah buaya untuk sampo dan kondisioner akan membantu menjaga agar rambut tetap sehat dan membuatnya lebih sehat dan tidak rontok.

Demikian pembahasan Lidah Buaya, tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perawatan rambut serta kulit. Semoga dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada di sekitar kita akan dapat membantu kita menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami.

2 comments:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami
    di http://blackwaletfacialsoap.com/sabun-pembersih-wajah-untuk-pria/

    ReplyDelete

  2. F*a*n*s*B*E*T*I*N*G Game Bola Online| 5*E*E*8*0*A*F*E :)

    ReplyDelete