Home » » Cara Hidup Sehat dan Alami Ala Rasulullah

Cara Hidup Sehat dan Alami Ala Rasulullah

Cara Hidup Sehat dan Alami Ala Rasulullah – Untuk dapat hidup sehat selain menerapkan cara hidup sehat yang mudah, murah dan alami adapula cara hidup sehat dengan meniru sunnah Rasulullah SAW karena Nabi Muhammad adalah teladan atau contoh bagi umatnya.

Pada jaman Rasulullah, cara ini terbukti bermanfaat hingga umatnya pada waktu itu jarang menderita sakit. Nabi Muhammad sendiri sepanjang hidupnya hanya mengalami sakit sebanyak dua kali yaitu ketika diracuni oleh seorang wanita Yahudi dan ketika menjelang akhir hayatnya.

Ketika mendengar kabar bahwa  Rasulullah berada di Madinah, Gubernur Mesir, Amru bin Ash memanggil salah satu dokter terbaiknya dan memerintahkan kepadanya;

"Datanglah kamu ke Madinah, Rasulullah ada di sana, bantulah beliau dengan kesehatan penduduk kota itu, bukalah praktek di sana"

Sang dokter pun pergi ke kota Madinah dan membuka praktek di sana. Namun sampai dua tahun buka praktek, tak seorang pun berkunjung untuk berobat.

Sampai pada suatu hari datanglah ia menghadap Rasulullah dan bertanya
Dokter : "Ya Rasulullah, mengapakah orang kota Madinah ini tak ada yang berkunjung padaku untuk berobat. Apakah mereka takut akan peralatanku."
Rasulullah : "Jangankan dengan peralatanmu yang kecil itu, bahkan dengan pedang musuh yang tertempel di leher, mereka tidak takut."
Dokter : "Lantas mengapa tak seorangpun yang datang untuk berobat."

Rasulullah : "Karena penduduk Madinah tidak ada yang sakit." 

Pada suatu kesempatan, sang dokter berjalan - jalan keliling kota Madinah. Diperhatikannya penduduk kota Madinah, ternyata benar, semuanya sehat, tak ada yang sakit.

Sehingga tampaklah olehnya seseorang yang sedang bekerja di tepi jalan. Kemudian dihampirinya, setelah dengan mengucap salam bertanyalah sang dokter kepada si fulan.
Dokter : "Ya akhi, aku perhatikan penduduk kota Madinah ini pada sehat - sehat,"
Fulan   : "Benar, penduduk Madinah ini tidak ada yang sakit, semuanya sehat."
Dokter : "Mengapa bisa demikian, apakah rahasianya,"
Fulan   : "Tidaklah kami pernah makan, kecuali karena lapar dan tidaklah kami makan, melainkan cuma sedikit."

Subhanallah...sebenarnya kita sudah diperingatkan dan dituntun dengan kesehatan kita, karena Allah maha tahu dengan kebutuhan tubuh kita. Hanya saja kitalah merasa paling tahu dengan kebutuhan tubuh kita, padahal sebaliknya.

Sehingga kita menjaga kesehatan tubuh dengan membabi buta, kita makan memperturutkan nafsu. Apapun yang kita inginkan kita makan bahkan secara berlebihan karena enaknya rasa di lidah.

Astaghfirullahal'adhiim....

Rasulullah bersabda ; "Makanlah kamu dikala merasa lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang."
Itulah, gambaran cara hidup sehat alami ala Rasulullah sehingga jika anda ingin mendapatkan kesehatan dalam hidup, cukup ikuti cara hidup yang diterapkan Rasulullah Muhamad SAW.


Cara Hidup Sehat dan Alami Ala Rasulullah SAW

Cara Hidup Sehat dan Alami Ala Rasulullah

1.    Makan Makanan Halal dan Bergizi

Rasulullah SAW hanya memakan makanan yang diperoleh secara halal dan bergizi. Karena makanan yang diperoleh dengan cara halal akan membawa berkah kesehatan dan kebaikan bagi yang memakan. Sedangkan makanan bergizi memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kita.

Jangan makan makanan hasil dari cara yang tidak halal. Sudah banyak contoh dalam kehidupan yang mengisahkan tentang resiko makan makanan haram, apalagi jika memberi makan keluarga dengan uang haram.

2.    Makan Secukupnya.

Rasulullah memberi contoh dengan makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dalam salah satu riwayat, Rasulullah mengganjal perutnya dengan batu agar saat makan akan berhenti sebelum kenyang dan tidak berlebihan.

3.    Berdoa Sebelum Makan

Rasulullah SAW selalu berdoa sebelum makan dan mengucapkan syukur sesudah makan karena rejeki yang diberikan Tuhan YME berupa makanan dan kesehatan.

4.    Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Cepat

Jika sudah mengantuk dan saatnya tidur, Rasulullah akan segera tidur. Biasanya selepas Isya atau kurag lebih jam 21.30 dan bangun pada 1/3 malam sekitar jam 3 pagi untuk menjalankan sholat malam.

5.    Olahraga Secara Teratur

Untuk menjaga kesehatannya, Rasulullah SAW melakukan olahraga secara teratur bahkan beliau tidak segan untuk mengajak anak-anak dan istrinya untuk olahraga memanah, menunggang kuda dan berenang.

Bahkan Rasulullah sendiri terkenal sebagai seorang jago gulat,hal ini menunjukkan bila beliau selain sehat juga kuat. Selain itu, beliau juga pernah lomba lari dan memanah.

6.    Rajin Berpuasa

Selain menjalankan puasa wajib pada bulan Ramadhan, Rasulullah juga rajin menjalankan puasa senin-kamis. Karena beliau mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan.

Dan, puasa juga dapat mengobati berbagai penyakit berikut ini.
  • Diabetes Mellitus
  • Hipertensi
  • Asma dan Penyakit Saluran Pernafasan
  • Penyakit Jantung dan arteri
  • Penyakit Hati
  • Penyakit Kulit dan mencegah Kanker

7.    Rajin Membersihkan Gigi

Nabi Muhammad SAW sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Setiap sebelum sholat, sebelum tidur dan ketika bangun tidur beliau selalu menggosok giginya menggunakan siwak (akar dari pohon salvadora persica)

8.    Ibadah Dengan Khusyu

Makanan untuk kesehatan badan atau raga sedangkan ibadah sholat adalah makanan jiwa. Nabi Muhammad selalu menjalankan ibadah sholat tepat waktu dan berjamaah.

9.    Sabar dan Jarang Marah

Rasulullah adalah orang yang sabar dan jarang sekali marah dan beliau selalu memberi nasehat kepada sahabat-sahabatnya agar “jangan suka marah”, nasehat ini diulangi sampai 3 kali sebagai penekanan. Karena marah membawa efek buruk bagi kesehatan.

Seorang pemarah terbukti sering mengalami sakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, jantung bahkan depresi.


10.    Menjaga Kebersihan

Nabi Muhammad SAW selalu tampil bersih dan rapi, setiap hari Kamis atau Jum’at, beliau bersiwak, memakai minyak wangi, mencukur jambang dan memotong kuku.

11.    Menjaga Silaturahmi

Rasulullah SAW adalah sosok yang memiliki banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan sahabat dan kerabatnya. Silaturahmi dipercaya dapat memperpanjang usia.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa para pria dengan usia diatas 50 tahun yang gemar bersilaturahmi memiliki resiko lebih kecil terkena sakit jantung.


Itulah 11 Cara Sehat Ala Rasulullah SAW yang sudah terbukti manfaatnya bagi kesehatan.

Namun, disamping cara sehat tersebut masih ada sunnah Rasulullah yang patut kita teladani dalam kehidupan sehari-hari terutama manfaatnya bagi kesehatan kita.

7 Sunnah Rasulullah Bagi Kesehatan

  1. B.A.B duduk, beresiko tinggi terkena wasir/ambeien sehingga dengan melakukan BAB jongkok lebih bersih dan menyehatkan.
  2. Kencing berdiri beresiko terkena prostat dan batu ginjal sehingga kencing jongkok lebih bersih dan menyehatkan.
  3. Enzim di tangan membantu makanan lebih mudah dicerna dibandingkan dengan besi, kayu, atau plastic sehingga makan dengan tangan lebih bersih, fitrah dan menyehatkan.
  4. Makan dan minum berdiri dapat mengganggu pencernaan sehingga makan dan minum dengan duduk lebih santun dan menyehatkan.
  5. Makan di kursi, masih kurang menyehatkan namun makan dengan duduk di lantai, tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang: udara, makanan dan air.
  6. Cuci Mulut atau makan buah setelah makan ternyata kurang bagus bagi kesehatan lambung, karena ada reaksi asam. Sebaiknya makan buah sebelum makan karena dapat membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap.
  7. Tidur tengkurep tidak bagus untuk kesehatan, bahkan itu dianggap sebagai tidurnya syetan. Tidur menghadap kanan atau miring ke kanan lebih menyehatkan.

Banyak Rahasia Sunnah yang telah diteliti oleh para pakar baik dari segi hikmah, manfaat dan kesehatan. Benarlah yang dikatakan jika : “di balik sunnah ada kejayaan”.

Bagi kita, jika misalnya belum tahu manfaatnya, terus saja semangat mengikuti adab dan tuntunan Rasul. Manfaat itu hanyalah efek samping sedangkan motivasi utamanya adalah mengikuti adab dan tuntunan Rasul.

Seorang dokter Eropa berkata:
Jika semua manusia mengamalkan 3 sunnah saja (sunnah makan, sunnah di Kamar Mandi, dan sunnah tidur), maka harusnya saya berhenti jadi dokter karena tidak ada pasien. Masyaa  Allah....

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang Cara Sehat Ala Rasulullah yang sudah terbukti berkhasiat bagi kesehatan manusia. Patut diingat, semua yang dilakukan Rasulullah adalah suatu upaya menyelaraskan keseimbangan diri sebagai mikro kosmos dengan alam semesta sang makro kosmos.

Semua makanan dan minuman yang dimakan beliau murni berasal dari alam, tidak ada tambahan zat-zat kimia seperti bahan pengawet, penyedap rasa dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa segala sesuatu yan bersifat alami baik untuk kesehatan kita.

Artikel Terkait :

1 comments:

  1. TELAH HADIR AGEN POKER JAGODOMINO TERPERCAYA DAN TERBAIK DI INDONESIA

    *Proses deposit & withdraw mudah cepat & aman
    *Dapatkan bonus turnover untuk setiap hari 0.3%- 0.5% (winor lose)
    *Bonus referral 20%(Seumur Hidup)
    *Anda bisa main langsung dari hp android/ ios dimana saja
    *Anda bisa bermain dan bertemu dengan seluruh pemain Indonesia dalam games online:
    -Poker
    -Bandar Poker
    -CapsaSusun
    -Domino99
    -Adu Q
    -Bandar Q
    -Bandar Sakong
    -Bandar 66

    Pastikan Anda login hanya melalui situs resmi kami di http://www.jago288.net/app/Default0.aspx?lang=id

    Untuk info selanjutnya silahkan hubungi CS 24 jam yang siap melayani anda...
    WA: +855717086677

    ReplyDelete