Home » » 9 Cara Terbaik Mengurangi Tidur Mendengkur

9 Cara Terbaik Mengurangi Tidur Mendengkur

9 Cara Terbaik Mengurangi Tidur Mendengkur – Mendengkur memang bukan masalah sepele yang harus dibiarkan begitu saja melainkan harus segera mendapatkan pengobatan atau perawatan secepatnya. Namun, bila anda belum dapat mengobatinya sebaiknya ikuti cara terbaik mengurangi tidur mendengkur berikut ini.

9 Cara Terbaik Mengurangi Tidur Mendengkur


Memang sudah banyak peralatan yang dapat membantu mengurangi tidur mendengkur seperti sabuk anti ngorok, segitiga nyaman dan lain-lain. Namun, langkah-langkah berikut ini adalah langkah yang mudah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Dengan mengikuti cara-cara berikut ini diharapkan dapat mengurangi jumlah dengkuran kita pada saat tidur mengingat suara dengkuran yang keluar sangat mengganggu tidur orang lain yang berada di dekat kita.

Cara Terbaik Mengurangi Tidur Mendengkur

1.    Mengubah Posisi Tidur

Mengubah posisi tidur dari terlentang menjadi miring kesamping kiri atau kanan dapat mengurangi dengkuran  meskipun tidak dapat bertahan lama karena saat  tidur tanpa kita sadari kita berganti-ganti posisi. Posisi tidur yang sering kita lakukan adalah posisi terlentang.

2.    Jangan Terlalu Lelah

Lelah atau kelelahan karena menjalankan aktivitas sehari-hari menjadi factor pemicu tidur mendengkur. Sehingga untuk menguranginya, usahakan untuk tidak terlalu lelah saat bekerja atau beraktivitas lainnya dengan cara menyempatkan istirahat barang sebentar, sekitar 5-10 menit untuk istirahat.

3.    Lakukan Olah Nafas

Melakukan latihan olah nafas sebelum tidur akan memperlancar saluran  pernafasan sehingga dapat mengurangi penumpukan gas atau lendir pada pangkal tenggorokan yang menyebabkan tidur mendengkur.

Dengan melakukan pernafasan perut yang ringan akan membuat rongga dada menjadi lega, paru-paru dan jantung menjadi lebih bugar  sehingga dapat bekerja dengan normal saat kita tidur.


4.    Jangan Minum Alkohol atau Obat Tidur

Minuman yang mengandung alcohol meskipun dalam dosis rendah akan menyebabkan tidur mendengkur. Beberapa orang, terutama yang susah tidur, memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol dengan dosis rendah atau minum obat tidur dengan tujuan agar dapat tidur nyenyak.

Memang benar, tidur menjadi nyenyak akan tetapi tidurnya jadi mendengkur bahkan lebih parah Sehingga lebih baik jangan konsumsi minimal beralkohol atau obat tidur bila ingin mengurangi tidur mendengkur atau ngorok.

5.    Usahakan Minum Air Cukup

Dengan minum air yang mencukupi kebutuhan tubuh yaitu dua liter setiap hari akan menghindarkan kita dari dehidrasi yang akan membuat lender di hidung dan langit-langit tenggorokan menjadi lengket sehingga membuat tidur mendengkur.


6.    Jika Hidung Tersumbat, cuci dengan air garam

Hidung tersumbat karena flu atau gangguan lainnya akan menyebabkan tidur mendengkur sehingga untuk melonggarkan dapat dilakukan dengan cara mencuci hidung dengan air garam seperti cara menangani sinusitis.

7.     Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Dengan mandi air hangat sebelum tidur akan membuat peredaran darah di tubuh kita menjadi lancar termasuk organ tubuh sehingga dapat mengurangi tidur mendengkur.

8.    Berhenti Merokok 1 Jam Sebelum Tidur

Kebiasaan merokok memang sebaiknya kita hentikan karena berdampak buruk pada kesehatan. Namun, bila anda belum bisa berhenti merokok, sebaiknya berhenti merokok 1 jam sebelum tidur agar dapat mengurangi kuantitas tidur mendengkur.

9.    Jaga kebersihan Tempat Tidur

Debu, bulu dan kotoran halus lainnya dapat menyebabkan alergi sehingga membuat tidur mendengkur. Sehingga sebaiknya kita membersihkan terlebih dahulu tempat tidur kita  sebelum tidur.

Kamar tidur adalah tempat istirahat kita sehingga harus kita jaga selalu kebersihannya. Mengganti sprei, sarung bantal dan tirai sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mudah mengurangi tidur mendengkur yang dapat dengan mudah kita lakukan setiap hari.

Satu hal lagi yang penting agar tidur tidak mendengkur yaitu menjaga berat badan karena kegemukan menjadi pemicu utama sehingga kita tidur mendengkur. Karena tidak dapat dilakukan dalam sehari maka sebaiknya mulai melakukan olahrga teratur dan diet agar berat badan kita menjadi normal.

Silahkan coba satu per satu cara diatas agar dapat mengurangi tidur mendengkur. Apabila semua cara tersebut tidak berhasil bagi anda berarti kebiasaan tidur mendengkur sudah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Artikel Terkait :
 

0 comments:

Post a Comment